A few rambles, Oslo ✚ Scandinavia

Berita sedih di awal Maret

Baru dapat kabar buruk. Salah satu temen sesama ekspat di sini ada yang baru mengakhiri hidupnya karena depresi pasca melahirkan. Dia ninggalin suami dan bayi yang umurnya baru tiga bulan. Hari Jumat kemarin itu dia harus ketemu terapis jadi suaminya ngga kerja dan bawa anaknya jalan-jalan. Sejak ngelahirin dia udah beberapa kali curhat sama sahabatnya kalau dia stres ngurus anak. Si sahabat siangnya neleponin karena mereka mau ketemuan tapi ngga diangkat. Ketika suami dan anaknya pulang, mereka menemukan dia menggantung dirinya sendiri. Dibawa ke rumah sakit tapi ngga bisa diselamatin lagi karena otaknya sudah rusak. Meninggal di rumah sakit hari Minggu. Dulu setelah nikah dia ingin banget punya anak dan sempet kesel karena teman yang lain kebobolan hamil sebelum direncanakan sementara dia belum berhasil juga padahal udah nyoba terus. Saya dan dia terus hamil dan ngelahirin pada waktu yang hampir bersamaan. Kita jadi ibu pada waktu bersamaan tapi dia tidak berhasil terus melewatinya. Saya masih kaget dan sedih luar biasa. Sejujurnya saya ngga tau banyak soal latar belakang dia, soal betapa dia membutuhkan pertolongan setelah ngelahirin. Andai saya bisa bantu. Sedih untuk dia, untuk suaminya, dan terutama untuk bayinya yang ngga akan pernah ketemu ibunya lagi seumur hidupnya.

Ini pesan terakhirnya pada hari valentine ke teman saya yang lebih dekat sama dia (setelah ini dia ngga pernah balas-balas lagi):

Hai, terima kasih untuk pesan kamu. Kami semakin membaik kabarnya. Awalnya sulit sekali. Saya tidak mengerti maksud semua tangisan itu. Kamu menyusui tidak? Hal ini memusingkan saya. Kadang susu tidak cukup, kadang terlalu banyak dan kadang terhambat tak mau keluar. Anak kamu bagaimana kabarnya? Kamu masih menyusui? Apakah anakmu sudah bisa merangkak?

Hari Jumat ini saya akan pergi ke upacara pemakamannya. Jenazahnya mungkin akan dipulangkan ke Polandia, saya ngga tau. Yang pasti saya akan bertemu suami dan anaknya dan saya tidak tahu harus berkata apa.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s